Tips Mengatasi Motherboard Komputer yang Hang

Tips Mengatasi Motherboard Komputer yang Hang
Jika Personal Computer (PC) Anda mengalami hang, ngambek dan tidak berfungsi sebagaimana biasanya, apa yang akan Anda lakukan? Langsung pergi ke tukang servis komputer? Siiip, dengan cara ini, persoalan memang cepat teratasi. Namun bila masalah yang sama muncul kembali, kita mau terus2an pergi ke ahli servis komputer? Tentunya tidak harus begitu selamanya ya. Sekali2 kita perlu belajar memahami, bagaimana sebuah komputer itu berfungsi, dan bagaimana "sakit" (error) yang biasa dialami komputer kita. Karena bahasan mengenai error komputer bisa menjadi sangat luas, maka kita persempit topiknya. Kebetulan hari ini saya diajari dan diberi pengalaman oleh seorang sahabat mengenai bagaimana tips mengatasi motherboard komputer yang hang.

Sebelumnya, saya ingin bertanya. Pernahkah Anda mendengar istilah motherboard komputer yang hang? Mungkin belum pernah ya. Atau sudah pernah? Jujur, saya sendiri baru tahu istilah motherboard komputer hang, baru tadi siang. :)

Apa ciri2 motherboard komputer itu sedang hang? Ketika booting awal, tidak ada penampakan makhluk halus apa pun di layar monitor Anda. Begitu yang saya alami. Saya pikir ada kerusakan pada vga card, ram, dan harddisk. Setelah saya exchange dengan komputer lain yang masih sehat, ternyata tidak ada masalah dengan hardware tadi. Semua berfungsi normal. Karena kehabisan cara untuk mengatasi masalah ini dan tidak tahu harus diapakan lagi, saya pun meminta bantuan seorang sahabat lain unit kerja untuk mengatasi masalah ini.

Yang bersangkutan datang. Setelah mencoba booting, ia langsung berkesimpulan bahwa ada kemungkinan motherboard mengalami hang. Motherboard hang? Istilah yang terdengar baru di telinga saya.

Bagaimana mengatasinya? Cukup dengan melepas batere chmos yang ada di motherboard dan kemudian langsung menyalakan komputer kembali tanpa batere chmos. Ajiiib!! Langsung muncul penampakan di layar monitor, dan booting berlangsung dengan lancar. Hanya memang terjadi kerancuan jam dan tanggal di sistem komputer karena tidak ada batere chmos pada motherboard.

Setelah berhasil menghidupkan personal computer, komputer kami matikan. Batere chmos kami tanamkan kembali ke dalam motherboard. Setelah itu kami booting ulang dan masuk ke konfigurasi BIOS untuk melakukan setting tanggal dan waktu pada sistem komputer.

Alhamdulillah, satu masalah teratasi. Dan satu pengalaman berharga saya dapatkan. Pengalaman yang menjadi tips mengatasi motherboard komputer yang hang.

http://www.adeshendra.com/2008/12/tips-mengatasi-motherboard-komputer.html

0 Response to "Tips Mengatasi Motherboard Komputer yang Hang"

Posting Komentar